Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah “Talent Show sebagai Titik Awal Bangkitnya Industri Musik Indonesia” dengan lancar.


Makalah ini kami susun dalam rangka memenuhi kebutuhan kami dalam menuntut ilmu dan juga dalam memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.


Tidak lupa terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Murnaeni Widiasari yang telah membimbing kami dalam menyusun makalah ini.


Tidak ada sebuah karya tulis termasuk makalah buatan manusia yang sempurna, yang ada hanyalah saling melengkapi satu sama lain. Maka kami mengharapkan sumbangan kritik dan saran untuk menyempurnakan kesalahan kami pada masa yang akan datang.

Karanganyar, 31 Oktober 2013

Penulis


Bab I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Setelah beberapa tahun belakangan, Ajang Pencarian Bakat atau yang sering disebut Talent Show khusus dalam bidang tarik suara mengalami kemunduran. Namun pada tahun lalu, kehadiran Indonesia Idol 2012 menggebrak industri musik Indonesia dan popularitasnya bahkan sampai mengalahkan demam Piala Eropa waktu itu. Berawal dari kesuksesan Talent Show tersebut, muncullh beberapa nama Talent Show yang ikut menaikkan jagad industri musik Indonesia seperti Indonesia Mencari Bakat, The Voice indonesia, Galaxy Superstar, X Factor Indonesia, sedang yang baru tayang adalah New AFI 2013.
    Kehadiran beberapa Talent Show tersebut kembali membangkitkan industri   musik Indonesia yang telah lama lesu dan juga mengalihkan perhatian dunia terhadap perkembangan musik di Indonesia.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan Talent Show ?
2. Bagaimana antusias masyarakat Indonesia terhadap adanya Talent Show ?
3. Bagaimana popularitas dan kesuksesan Talent Show di Indonesia ?
4. Apa pengaruh Talent Show terhadap bangkitnya industri musik Indonesia ?


Bab II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Talent Show
Talent Show atau ajang pencarian bakat yaitu wadah untuk pengaktualisasian diri bagi kaum muda atau orang yang merasa memiliki kemampuan di bidang tertentu, dimana dalam ajang tersebut seseorang dapat mengembangkan bakatnya. Bidang – bidang dalam Talent Show beraneka ragam, seperti ajang tarik suara, ajang menari, atau bahkan ajang multitalenta.

Dalam makalah ini, akan membahas lebih khusus tentang Talent Show dalam bidang tarik suara yang baru – baru ini kembali booming dalam jagad industri musik Indonesia. Ajang Talent Showtarik suara yang pernah ada seperti, Asia Bagus (TVRI), AFI (Indosiar), KDI (TPI), Indonesia Idol (RCTI), Mamamia (Indosiar), Indonesia Mencari Bakat (Trans TV), The Voice Indonesia (Indosiar) dan The X Factor Indonesia (RCTI).

B. Antusias Masyarakat Indonesia terhadap Talent Show
Antusias masyarakat begitu besar terhadap ajang tarik suara, melihat banyaknya penyanyi besar yang lahir dari ajang tersebut, seperti Krisdayanti (Asia Bagus), Vina Panduwinata (Asia Bagus), Judika (Indonesia Idol), Citra Scholastika (Indonesia Idol), Vania Larissa (Indonesia Got Talent’s), Sammy Simorangkir (Indonesia Idol), dan masih banyak lagi.

Walau terkadang audisi ajang tarik suara diselenggarakan bersama oleh stasiun TV yang berbeda, tapi tetap saja antusias masyarakat tidak berkurang. Ribuan dari mereka bahkan rela mengantri seharian hanya untuk mendapatkan giliran audisi.

C. Popularitas dan Kesuksesan Talent Show di INDONESIA
Popularitas ajang pencarian bakat di Indonesia sudah tak dapat diragukan lagi. Misalnya, pada tahun lalu hadir Indonesia Idol 2012 yang menjadi trend center waktu itu. Popularitasnya pun tak tanggung – tanggung, bahkan sampai menandingi Piala Eropa 2012.

Lalu apa yang menyebabkan Talent Show begitu popular ? Mungkin karena Talent Show menjadi sebuah Oase di tengah gersangnya industry musik  tanah air. Pembajakan yang belum tersentuh hukum, penurunan kaset atau CD, plagiat yang merajalela, semuanya menjadi penyebab kelesuan indutri musik Indonesia. Pada saat itulah Talent Show semacam Indonesia Idol membangkitkan kembali gairah bermusik anak muda Indonesia dan juga membangkitkan kembali kecintaan anak muda Indonesia terhadap music tanah airnya sendiri.

Bertolak dari kesuksesan Indonesia Idol 2012, muncul sejumlah Talent Show baru seperti Idola Cilik 2013, Indonesia Mencari Bakat 3, Galaxy Superstar 2, The Voice Indonesia, dan yang paling fenomenal adalah X factor Indonesia. Industri musik Indonesia harus berbangga karena X Factor Indonesia menjadi sebuah fenomena Talent Show yang jarang ditemukan. Ajang tersebut mendapat simpatis dari mata dunia dan menjadi Talent Show paling sukses di dunia dengan popularitas yang begitu besar.

Sebuah kesuksesan Talent Show bukan hanya diperuntukkan bagi industri musik Indonesia, namun juga stasiun TV yang menayangkannya. Dimana stasiun TV tersebut dapat meraup keuntungan yang sebesar – besarnya.


D. Pengaruh Talent Show terhadap Bangkitnya Industri Musik Indonesia
Pada tahun 2013 Talent Show benar – benar membuat pengaruh besar kepada perkembangan musik Indonesia khususnya bagi orang – orang yang terlibat di dalamnya, misal :

Miss Word Talent 2013
Vania Larissa (Indonesian Got Talent) berhasil menjadi pemenang dalam ajang tersebut dengan bakat bernyanyinya, dan menghantarkannya menjadi peringakat ke 7 dalam Miss Word 2013.

World Music Awards
Merupakan ajang penghargaan musik dunia berdasarkan popularitas menempatkan Fatin Shidqia (jawara X factor Indonesia), Anggun (juri X factor), Agnes Monica (juri Indonesia Idol), Krisdayanti (Asia Bagus) kedalam ketegori Best Female Artist. Sedangkan dalam ajang tersebut ada beberapa penyanyi Indonesia lainya seperti, Gita Gutawa, Afgan, dan Vieratale. Menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perwakilan terbanyak kedua di Asia setelah Korea Selatan di ajang tersebut.
           
Kehadiran X Faktor Indonesia  juga merupakan salah satu hal baru di Industri Musik Indonesia. Kenapa? Dalam Industri Musik Eropa, bahkan Timur Tengah sekalipun melarang seseorang penyanyi mengenakan simbol religius, dan itu tidak berlaku di Indonesia. Bisa ditarik pengertian, bahwa Indonesia sangat demokratis dalam bidang industri musik.

Talent Show juga banyak menghasilkan penyanyi handal yang dicari oleh industri musik Indonesia. Jebolan – jebolan Talent Show itulah yang diharapkan dapat bersaing dibelantika musik Indonesia bahkan dunia.
           
E. Kesimpulan
Talent  Show merupakan  wadah untuk pengaktualisasi diri bagi kaum muda atau orang yang merasa memiliki kemampuan di bidang tertentu. Baynak penyanyi besar yang terlahir dari Talent Show membuat masayarakat selalu antusias untuk mengikuti ajang tersebut. Popularitas Talent Show pun begitu besar di Indonesia, bahkan beberapa ajang Talent Show mencapai popularitas dan kesuksesan yang begitu luar biasa, seperti Indonesia Idol 2012 dan X Factor Indonesia. Talent Show juga berpengaruh penting dalam Industri Musik Indonesia, karena dari sana lah music berkualitas tinggi terlahir.



DAFTAR PUSTAKA

Sumber  Majalah
Majalah MOP edisi 375 Oktober 2013

Situs Web
id.wikipedia.org
www.okezone.com
www.worldmusicawards.com
www.topteens.com
www.bintangonline.com
www.suaramerdeka.com
www.xfactorindonesia.com
taherlovepurplecolour.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © DreaMedia : Bingkai Harapan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -